RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
Materi
Pembelajaran
- Pengertian Qalqalah
- Huruf-huruf Qalqalah
- Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
- Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
- Lafdzu jalalah
- Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Mengamati
·
Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah
beserta huruf-hurufnya.
2). Mencoba
·
Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan
mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.
3) Mengkomunikasikan
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian
hukum bacaan qalqalah.
§ Menjelaskan macam-macam
hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§ Menjelaskan pengertian
hukum bacaan ra.
§ Menjelaskan macam-macam
hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§ Jelaskan pengertian
qalqalah!
§ Sebutkan huruf-huruf
qalqalah!
§ Jelaskan pengertian
tafkhim !
§ Jelakan pengertian
tarqiq
§ Apakah yang dimaksud lam jalalah!
|
Isilah dengan jawaban yang tepat !
a TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan
tafkhim
a TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan
tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Materi
Pembelajaran
- Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Mengamati
·
Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak
mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.
2). Mencoba
·
Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam
kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Mengkomunikasikan
·
Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Membaca bacaan qalqalah
dengan benar.
§ Membaca bacaan ra tebal
dengan benar.
§ Membaca bacaan ra tipis
dengan benar.
§ Menerapkan hukum bacaan
qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§ Menerapkan hukum bacaan
ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
·
Bacalah potongan-potongan
ayat berikut dengan memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱)
مَآ أَغْنى عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢)
سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي
جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
(٥) (
اللهب : ۱-٥)
وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا
يَشَآءُ
(
الحج : ۱٨)
|
Rubrik/Pedoman
penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan qalqalah,
tafkhim, dan tarqiq
· Makhraj
|
· Membaca dengan lancar
· Tidak melakukan
kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
|
100
|
· Membaca dengan lancar
· Melakukan 1-2 kesalahan
bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
|
90
|
|
· Melakukan 3-4 kesalahan
bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
|
80
|
|
· Melakukan 5-6 kesalahan
bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
|
70
|
|
· Melakukan 7-8 kesalahan
bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
|
60
|
|
· Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
50
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar