Cute Rocking Baby Monkey

Sabtu, 12 November 2016

Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Kompetensi Dasar
:
2.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Kompetensi Inti                      :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mengimani Kitab-kitab Allah SWT, membaca dalil naqlinya serta memahami perbedaan antara kitab dengan suhuf.


Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
  • Dalil naqli tentang Kitab-kitab Allah SWT
  • Perbedaan kitab dengan suhuf

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Mengamati
  • Guru menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT dengan memaparkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah.
2). Mencoba
  • Siswa menelaah perbedaan antara kitab dengan suhuf.
3) Mengkomunikasikan
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI  SMP / MTS 

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.
§  Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah.
Tes tertulis
Tes uraian

§  Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT!
§  Jelaskan pengertian kitab Allah !
§  Jelasakan perbedaan kitab samawi dengan kitab ardhi!
§  Tulislah dalil naqli tentang kitab Allah !
§  Jelaskan perbedaan antara kitab dengan suhuf!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Kompetensi Dasar
:
2.2. Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)
Kompetensi Inti                      :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya, meyakini bahwa kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia dan Al Quran sebagai kitab suci umat Islam.


Materi Pembelajaran   
  • Macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya
  • Kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia
  • Al Quran sebagai kitab suci umat Islam

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Mengamati
  • Guru memberikan penjelasan mengenai kitab-kitab Allah beserta rasul penerimanya.
2). Mencoba
  • Siswa menelaah tentang kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia serta al Quran sebagai kitab suci umat Islam..
3) Mengkomunikasikan
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS 
·        Al-Quran dan Terjemahnya

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya.
§  Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.
§  Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
Tes tertulis
Tes isian

§  Kitab Injil diturunkan kepada Nabi ....
§  Nabi Dawud menerima kitab ....
§  Nabi Musa menerima kitab....
§  Kitab al-Quran diturunkan kepada Nabi....
§  Umat Islam berpedoman kepada kitab suci ....


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar